Ads Top

Balada KRS Awal Semester



Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah menyempatkan waktu untuk membaca tulisan ini, walaupun cuma sampe sini, hehe

Alright, kita kembali ke topik, siapa yang tak mengenal kartu legendaris ini, yang selalu dimutakhirkan setiap semester, yang selalu menggemparkan fotokopian belakang kampus pusat, bagi mahasiswa kampus wilayah yang ngekos di deket kampusnya, merupakan bencana apabila terdapat kesalahan pencetakan yang baru disadari ketika hari H, semenjak tempat fotokopi Mesen yang musnah, praktis fotokopi KRS hanya dapat dilakukan di belakang kampus pusat yang paling dekat.

Bencana ini tidak selamanya menjadi bencana, Alhamdulillah saya bisa mengambil hikmah darinya, wkwk, mulai dari iseng-iseng menawarkan jasa pencetakan KRS semester 2 lalu ke rekan seangkatan, sampai jadi bisnis musiman, hasilnya lumayanlah, bisa buat cetak KRS sendiri gratis, hehe

Yang dibutuhkan buat KRS an ada 3, yaitu KRS, KHS dan bukti transaksi autodebet (kalau blm ganti). Semua dalam satu paket lengkap, anda hanya cukup mengirimkan SMS dengan isi Nama, NIM, Password Siakad, dan Makul Pilihan yang akan diambil untuk semester depan, dan tadaaa, KRS mu siap diambil di hari H KRS an, tanpa harus berjibaku di fotokopian. Password dipakai untuk akses ke Siakad, selain jasa cetak, ini juga termasuk jasa isi Makul, opsional, tidak dipungut biaya.

Produk ini sudah dikenal lintas angkatan, dari 2014 hingga 2008, iyaa, 2014 sampai 2008, semakin menjauhi angkatan saya, 2011, produk ini sudah sepi peminat. Saat ini sudah memasuki tahun kelima perkuliahan, wkwk, bisnis sudah saya tinggalkan, hanya jika ada yang pesan saya terima, namun tidak saya promosikan sebooming tahun-tahun sebelumnya.

Akan saya jelaskan bagaimana jalannya bisnis yang bermodal printer pinjaman ini, profitnya bisa buat beli printer baru 3 biji. Apabila ada adek tingkat yang berminat buat jadi legacy, saya akan siap buat mengajarkan ilmunya, hehe, dikira cuman Jason Bourne yang bikin legacy, kita juga dong.

Yang dibutuhkan ada beberapa, baik secara teknis maupun nonteknis. Secara teknis ada printer, laptop/PC, kertas buffalo biru muda, kertas hvs A4 (untuk selain KRS), koneksi internet, nonteknisnya agar lebih mudah, kudu ada link ke bagian Tata Usaha yang urus tentang ini, informasi yang didapat sangat penting, jika ada trouble, kamu bisa konsultasi ke bagian TU ini, pun untuk mengetahui daftar dosen yang mengajar semester depan juga, karena pembeda dari produknya, ialah adanya nama dosen yang sudah tercetak dibagian belakang KRS, jadi ga usah repot-repot nulis manual dengan font handwriting sendiri, wkwk.

Itung-itungan permodalannya seperti ini, berhubung saya sudah engga menggeluti lagi, jadi gapapalah buka-bukaan dikit,

Defisit:
Kertas Buffalo Biru Muda; 100 lmbr : 39.500 sekarang, dulu 38.000. 100 : 3 x 2 = 66. Jadi, 100 lmbr bisa buat 66 orang, karena 3 lembar bisa buat 2 paket KRS.
HVS Putih A4 Sidu, 1 RIM; 500 lmbr : 28.000 sekarang, dulu 28.000 juga kayaknya. 300 lmbr bisa jadi 100 paket KHS, dan 200 lmbr bisa jadi 100 paket Bukti Transaksi Autodebet, karena bisa dibolak-balik.
Printer saya itung Gratis, yaa, kalo itung tintanya mungkin 10.000, 1 botol tinta hitam 33.000.
Koneksi dan Laptop engga diitung.

Surplus:
Setiap Paket KRS berjumlah 3 lembar, dihargai 5.000 rupiah,
Setiap Paket KHS berjumlah 3 lembar, dihargai 1.000 rupiah,
Setiap Paket Bukti Transaksi berjumlah 3 lembar dihargai 1.000 rupiah,

Contoh pada masa Keemasan tahun 2014 kemarin :
Jumlah Total Pemesan KRS ada 111 mahasiswa = Rp. 555.000,-
Jumlah Total Pemesan KHS ada 89 mahasiswa = Rp. 89.000,-
Jumlah Total Pemesan Bukti Transaksi ada 79 mahasiswa = Rp. 79.000,-

Jumlah Total Keseluruhan Mencapai Rp. 776.000,-

Sistem yang berlaku, apabila pemesanan melebihi batas tanggal maksimal yang ditetapkan, maka tarif akan meningkat Rp. 1000,- perharinya

Maka, Jumlah Total Keseluruhan menjadi Rp. 813.000,-

Dikurangi Total Modal yang masih sisa :
Kertas Buffalo: 38.000 x 2 : 76.000
Kertas HVS : 28.000
Tinta : 10.000
Jumlah : Rp. 114.000,-

Well, keuntungan yang lumayan mengingat ini baru satu Prodi.

Demikian, kamu bisa lanjut ke artikel "How to Make Your Own KRS, Like A Pro" untuk mengetahui cara print KRS sebagai seorang Professional, hehe.

Terimakasih.
Deddy Suryawan - Mahasiswa Psikologi UNS
stasiunkecil.wordpress.com
Powered by Blogger.