Ads Top

How to Make Your Own KRS, Like A Pro

Yupps, pastikan kamu udh baca artikel sebelumnya yang berjudul "Balada KRS Awal Semester." Sebelum lanjut ke artikel ini. Makasiii yaah.


Now, How to Make Your Own KRS, Like A Pro, yyeeaaahh~


Pertama, awali dengan berdoa, semoga menjadi berkah satu semester kedepan, hehe, Aamiin.

Siapkan bahan teknis yang sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya, koneksi internet lancarkan? Baiknya sih kamu inputnya malem-malem, supaya engga sikut-sikutan sama mahasiswa lain yang input pagi atau siang, dan koneksinya kemungkinan besar lancar juga kalo malem hari

Sekarang, sebelum login, pastikan kamu sudah "Registrasi Online" dulu, ini syarat wajib buat data kamu aktif sebagai seorang mahasiswa yang diakui Universitas (Pastikan Autodebetmu sukses di Bank pilihan UNS, dengan nabung sejumlah UKT yang sudah diwajibkan di Prodi kamu). Caranya klik kolom "Registrasi Online" di Web siakad.uns.ac.id (bertanda kuning), lalu login di kolom "LOGIN" , isi kuesioner sampai akhir, kamu bisa lihat biodata mahasiswa dibagian bawah untuk kroscek dan pastikan ada tulisan “Kamu telah sukses registrasi online pada (tanggal tersebut).”


Setelah sukses, refresh page, cukup tekan tombol fungsi ‘f5’ dan kamu akan kembali ke halaman awal siakad. Mulai dengan login dikolom kanan siakad, masukkan NIM dan Password kamu yang udah didapet dari Bank serta kodenya, yang membuktikan bahwa kamu bukan robot, emm, yhaa gitulah pokoknya, kemudian enter.



Lalu, klik kolom “Kartu Renc. Studi (KRS)”







Dan “Tambah Mata Kuliah” dibagian atas halaman



Untuk memilih Mata Kuliah atau MK, klik “Cek MK” di bagian atas, dibawah nama kamu, dan disamping kotak



Akan muncul, Kotak Dialog seperti ditampilan gambar berikut,



Input KRS cukup dengan Klik Nama Mata Kuliah atau Nomer Kode Mata Kuliah yang berwarna Biru yang kamu maksud, kamu bisa cek juga jumlah SKS dan Tingkat Semester (SMT) dibagian kanan Dialog Box tersebut agar lebih memudahkan. Misalkan saya klik Nama Mata Kuliah saya ‘Psikologi Pendidikan’, sebelum diklik akan berwarna Merah seperti pada gambar. Setelah diklik akan muncul gambar berikut,



Ketik nama kelas yang akan kamu pakai untuk menuntut ilmu, saya pilih kelas A, karena A itu Apik, emm, oke lupakan, Nahh, setelah diketik, lalu klik kotak “Simpan” yang ada dibawahnya.



Apabila sudah muncul gambar diatas, pastikan tidak ada tulisan yang berwarna merah, selain SIAKAD integrated, apabila ada, cek ulang tulisan tersebut, kemudian perbaiki. Setelah semua dirasa benar-benar benar, maka klik kolom “Lanjut” yang ada disebelah kolom Batal.



Tadaaaaa, saatnya kita katakan, Alhamdulillah, secara ghaib makulmu udah nongol didaftar KRS yang akan kamu tuntut ilmunya. Kamu juga bisa edit KRS mu dengan cek kolom-kolom yang ada didalam tanda kuning itu. Hapus Makul bisa dilakukan pada kolom Edit KRS, cek KRS secara keseluruhan bisa klik dikolom KRS didalam tanda kuning.

Lakukan dari awal apabila ingin menambah Mata Kuliah Baru. Tapi kalau Skripsi/Magang/KKN bisa langsung klik dibagian kanan yang warna ungu itu, ngga usah sampe sini.

Sekarang kita masuk tahap TERPENTING, yaitu Penge-print-an, atau dalam bahasa bakunya Pencetakan.

Lakukan Tips berikut ketika kamu engga bisa langsung ngeprint KRS setelah input, alias ketika sudah tiada koneksi internet,

Ketika semua Makul sudah kamu cek dan benar-benar benar, lalu klik kolom “Cetak KRS” didalam tanda kuning. Maka akan muncul tampilan berikut,



Klik kolom “Cancel” aja, akan muncul seperti ini, #abaikanfotonya



Klik Kanan, kemudian pilih Save As, dan tentukan Folder yang akan kamu pilih untuk menyimpan data tersebut, Pastikan File ini (yang berjumlah dua) dalam satu Folder, agar tidak membingungkan.









Kedua File tersebut saling mengisi, File akan rusak apabila diletakkan pada destinasi folder yang berbeda, satu file berbentuk folder nama(underscore)files, satu folder berbentuk link.

Untuk mencetak, klik kanan pada file link, pilih “Open With”, dianjurkan menggunakan Internet Explorer, karena browser ini satu-satunya browser yang dapat melakukan pengeditan versi Pro, dibalik perkembangan zaman, beliau masih tetap dalam standar kualitas yang Multiguna, hidup Explorer !! kalau tidak ada browser ini, itu tandanya laptop kamu perlu didowngrade, hmm,



Lanjut, setelah terbuka melalui Explorer, klik kanan lagi, lalu pilih “Print Preview”, jangan di Print dulu,



Akan muncul seperti ini,



Disitu terdapat beberapa pilihan pengaturan berkas dalam pencetakan, antara lain:

Print : Kotak Kuning : Mencetak
Header – Footer : Kotak Hijau : Menon/aktifkan Header-Footer
View Page : Kotak Merah : Melihat keseluruhan/sebagian Halaman
Ukuran Berkas : Kotak Ungu : Memperkecil/Memperbesar Berkas, biasanya digunakan ketika Jumlah Makul terlalu banyak, agar penggunaan kertas lebih efisien (satu kertas buffalo untuk dua KRS)
Margin : Panah disisi kertas : Mengatur Margin berkas

Setelah melakukan beberapa pengeditan, penghilangan header-footer, penyempitan margin, dan View Page untuk checking akhir, serta tidak perlu mengubah prosentase berkas karena jumlah makul sedikit dan cukup untuk setengah lembar kertas buffalo biru muda, maka KRS siap untuk dicetak.



Tinggal klik saja logo printer di kiri atas atau di dalam tanda kuning itu, akan muncul seperti ini,



Pastikan yang kamu Cetak pada tanda kuning sudah benar, “Print Current Page” artinya hanya lembar itu yang dicetak, dan “Number of Copies” berjumlah tiga. Lalu, klik Print.

Untuk pencetakan bagian belakang, klik tanda panah yang ada dibagian bawah, akan tampak seperti gambar.



Jangan lupa kertas KRS dibalik dengan bagian kepala dibagian bawah. Lalu klik Print.

Heii, pengen jadi Pro? Jangan print dulu bagian belakangnya, Download bagian belakang KRS di link berikut

http://bit.ly/BELAKANGKRS

Kalian bisa edit sendiri, dan bisa isi Nomor Kode Makul, dan Nama Dosen yang akan mengajar, pastikan infonya tepat yaa, soalnya tiap semester dosen pengampu akan diganti, tergantung keputusan rapat prodi, jadi, tunggu pengumuman resminya, atau nanya kebagian TU, siapa tau udah ada tapi belum diumumin, Nomor Kode bisa dilihat dibagian depan KRS yang udah kamu cetak tadi, urut dari atas yess, ini berdasarkan sistem yang ada di Prodi Psikologi, mungkin pada Prodi kamu ada sedikit perbedaan, apa malah banyak?

Yupps, that’s all folks, Semoga Sistem belum berubah, dan Harga kertas masih tetep murah, hehe. Selamat Mencetak, Semangat yaa Kuliahnya =)

Terimakasih.



Ditulis pada akhir bulan Februari, tahun 2016,
di antara rinai hujan malam di kota Solo
Oleh Deddy Suryawan – Mahasiswa Psikologi UNS
stasiunkecil.wordpress.com
Powered by Blogger.