Ads Top

Senyum Syukur

Gambar Ilustrasi

Mengapa engkau tersenyum?” tanyaku.
Karena aku sedang bersyukur.
Apa yang kamu syukuri?
Aku bersyukur masih bisa tersenyum di saat semua ini datang.
Aku tidak paham.
Tidak paham adalah salah satu cara memahami.” Kamu tersenyum. Merapikan baju-baju yang berserakan. “Hidup ini adalah ujian. Dan ujian itu salah satu tanda bahwa kamu masih hidup.
Ujian hidup?
Ya. Ujian hidup. Ia datang agar kamu tetap bisa merasakan hidup. Tanpa ada ujian, hidupmu akan biasa saja. Bosan. Ujian hidup seperti ritme sebuah lagu. Ada kalanya ia begitu tinggi, ada kalanya ia sangat rendah.
Banyak orang hidup ingin mati karena ujiannya.
Ya. Ujian hidup tidak selalu mudah.” Kamu mengangkat baju-baju itu. Memasukkannya ke dalam lemari. “Aku tidak tau tepatnya. Tapi banyak orang menyerah dari hidup karena mereka berhenti tersenyum.
Memangnya ada apa dengan senyum?
Kamu tertawa. “Entahlah. Mengapa kamu tidak mencoba tersenyum sekarang? Senyum adalah kunci yang membuka pintu bahagia bagi mereka yang tersenyum dan yang melihat senyuman. Dan syukur adalah ketika terbukanya pintu bahagia.
Sudah dicek? Apa saja yang hilang?
Semuanya. Kecuali pakaian-pakaian tadi.
Kalung pemberian mamamu?

Yang akan hilang, suatu saat pasti hilang. Entah kapan. Yang akan datang, suatu saat pasti akan datang. Entah kapan. Kehilangan adalah cara terbaik untuk belajar menjaga.” Senyummu semakin manis.
Powered by Blogger.