Recent Posts

4/recentposts
Powered by Blogger.

Fixed Menu (yes/no)

Ads Top

Categories

Tags

Business

Latest in Sports

Popular Posts

Satu Tahun Lobi Mesen

Thursday, August 11, 2016
Gambar oleh Johan Hariyanto

Suatu hari blog pribadi saya, yaitu blogriki.com benar-benar tidak bisa di-akses. Sudah berulang kali saya mencoba masuk, baik melalui mesin pencarian gugel maupun browser lainnya, namun tetap saja sama hasilnya, “server tidak ditemukan”. Saya tidak tahu kenapa Mbah gugel begitu sensi dengan saya. Bahkan saya harus dua kali mengontak tempat di mana saya membeli domain agar blog saya bisa di-akses kembali. Kemudian saya diminta untuk menunggu 24 jam, sebelum akhirnya blog saya benar-benar bisa di-akses kembali. Dan alhamdulilah, blog saya kini benar-benar sudah bisa di-akses lagi. Saya harus berterima kasih dengan idwebhost.com selaku penyedia domain yang begitu gesit mengatasi permasalah pada blog pribadi saya. Karena dengan begitu, saya tidak perlu beli domain lagi, mengingat tanggal jatuh tempo domain blogriki.com masih bulan September. Ngirit satu bulan lah. Hehehe

Bisa diaksesnya kembali blogriki.com itu hanya salah satu kebahagian bagi saya. Karena tepat di bulan ini, yaitu tepatnya tanggal 11 Agustus ini, lobimesen.com genap berusia satu tahun. Dan untuk perpanjangan domain blog bersama ini sudah saya tunaikan.

Meski pada awalnya ada salah satu dari kontributor lobimesen.com yang sudah rasan-rasan mau mengumpulkan iuran untuk perpanjangan nama domain ini, agar tetap bisa menggunakan domain ini. Namun sepertinya tidak perlu lah membebani mereka semua. Karena bagi saya, semenjak Lobi Mesen Reborn, dari yang sebelumnya masih menggunakan domain dengan embel-embel blogspot. Saya sudah sangat senang ada beberapa dari kontributor yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk menulis serta memposting tulisannya di blog bersama ini. Berkat tulisan-tulisan mereka lah blog ini tetap hidup hingga sekarang, meski terkadang sepi dengan tulisan baru.

Saya masih ingat betul ketika masih awal-awal blog ini lahir kembali. Jangankan untuk bisa mencapai satu hari satu postingan, bisa konsisten memposting satu minggu sekali saja sudah sangat bagus. Ketika itu, hanya saya dan kawan saya Johan Hariyanto yang mengisi postingan. Kemudian perlahan tapi pasti, saya mengajak kawan-kawan yang lain untuk ikut berkontribusi di blog bersama ini. Mencari orang-orang yang punya waktu dan energi yang lebih untuk mau menulis postingan, sepertinya sama sulitnya dengan mencari SDM berpengalaman untuk industri garment di wilayah Boyolali. Dan itu adalah tantangan bagi saya kala itu.

Awal-awalnya tidak ada yang tertarik untuk bergabung. Jawaban mereka yang saya ajak bergabung pun beragam. Ada yang masih malu mempublikasikan tulisannya, ada yang ragu apakah tema tulisannya sesuai dengan konten di lobimesen.com atau tidak, kemudian ada juga yang masih bingung mau nulis apa. Dan yang terakhir itu adalah saya sendiri.

Mengajak orang lain untuk ikut posting itu tidak mudah, karena kami belum bisa memberikan imbalan apa-apa. Jangankan honorarium, ucapan terima kasih pun terkadang lupa saya haturkan kepada mereka yang sudah sudi meluangkan waktu mereka untuk menulis dan memposting tulisannya. Maka dari itu saya terus berusaha membuat tulisan tentang kehidupan kampus dan teman-teman saya semasa kuliah. Hasilnya, ada beberapa yang tertarik untuk ikut posting juga. Sebut saja Mas Wildan. Kalau boleh jujur, Mas WIldan lah orang pertama yang harus saya ajak bergabung di lobimesen.com ini. Mas wildan baru mulai tertarik bergabung ketika membaca postingan-postingan baik dari saya maupun Johan. Meski tulisan pertama di lobimesen.com tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Tulisan yang menurut saya sedikit absurd, yaitu tulisan tentang dirinya yang sempat di untit intel karena diduga teroris karena sering ke masjid, jenggotan dan sering mendengarkan lagu perjuangan, padahal lagu yang didengarkannya adalah lagu-lagu JKT 48. Namun perlahan tapi pasti mas Wildan menunjukan tulisan aslinya. Meski saya sedikit takut juga, karena tulisannya terkadang sangat “liar”.

Untuk saat ini, Mas Wildan menjadi kontributor yang paling produktif, karena bisa dibilang akhir-akhir ini dia sering memposting tulisan-tulisan baru. Bahkan, sebuah film drama komedi remaja Thailand yang berjudul “May Who” saja sampai dibuat beberapa tulisan. Dan beberapa di posting di blog pribadi Mas Wildan.

Selain Mas WIldan, ada juga Dyah Maya. Meski awal-awalnya sangat ragu, bahkan cinderung malu untuk ikut posting di lobimesen.com. Awalnya ia mengirim tulisannya via e-mail kepada saya, kemudian baru saya posting. Namun kini akhirnya, Dyah Maya lebih pede dalam memposting setiap tulisannya.

Kemudian, ada juga Bapak Anak Bawang, yaitu Mas Burhan. Ia juga ikut menjadi kontributor di lobimesen.com ini. Karena ia sudah mau memposting tulisannya di blog bersama ini, hal itu membuat saya seperti harus meluangkan waktu sejenak untuk menulis tentang komunitas anak bawang. Tulisan saya yang berjudul menziarahi masa lalu bersama anak bawang, sengaja saya buat sebagai ucapan terima kasih kepada Mas Burhan selaku Bapak Anak bawang yang akhirnya dengan suka rela turut berbagi melalui tulisannya.

Sandy yang sibuk mengerjakan skripsi pun, sempat meluangkan waktu untuk membuat postingan di lobimesen.com ini juga. Sebenarnya, saya ragu ketika mengajak sandy untuk bergabung, karena saya takut ngrecoki kefokusannya dalam mengerjakan tugas sucinya.

Mba Kiky, mungkin dia adalah salah satu kontributor yang memiliki gelar yang mentereng. Siapa sangka, Mba Kiky kini sudah lulus S2 mau memposting tulisan di Lobimesen ini. Dua tulisannya, yaitu tentang pengalamannya menjadi penumpang prameks selama kuliah S2 di Jogja, kemudian tulisan mengenai BePeJeeS telah menghiasi dinding Lobi Mesen. Kemudian tidak lupa juga, ada Dedy, adik tingkat saya yang masih sibuk mengerjakan skripsi. Meski pada akhirnya Dedy pamit untuk beberapa saat tidak bisa mengirim postingan lagi, dengan alasan fokus mengerjakan skripsinya. Meskipun alasannya sedikit klise. Saya pun juga turut mengucapkan terima kasih dengan membuat sebuah tulisan yang berjudul Tips untuk Dedy dan Mahasiswasemester akhir lainnya dalam menghadapi cobaan skripsi.

Satu tahun sudah lobimesen.com menjadi wadah bagi mereka yang memiliki energi dan waktu yang selo. Tulisan Mas Burhan berjudul Tetap jadi Baik ya, ternyata menjadi postingan ke 100. Saya sendiri tidak menyangka blog ini bakal seramai ini. Blog yang coba kami bangun untuk wadah bagi mereka yang memiliki banyak waktu selo.

Untuk mengakhiri tulisan saya kali ini. Saya ingin berterima kasih kepada kawan-kawan yang telah mempercayakan lobimesen.com sebagai tempat untuk mempublikasikan tulisan-tulisan mereka. Dan untuk kedepannya, tak ada harapan khusus atau hal-hal yang ingin dicapai. Bukannya kami tidak memiliki tujuan, tapi biarlah semuanya terus mengalir begitu saja.