Recent Posts

4/recentposts
Powered by Blogger.

Fixed Menu (yes/no)

Ads Top

Categories

Tags

Business

Latest in Sports

Popular Posts

arti PERSAUDARAAN

Monday, December 19, 2016

Saat ini, kita mengalami banyak sekali perubahan makna dalam hidup. Awalnya kata saudara diartikan sebagai ikatan yang muncul karena hubungan darah. Namun sekarang pemaknaan tersebut telah berubah. Saudara dipakai tidak hanya untuk menyebut hubungan yang timbul karena hubungan darah, namun bergeser menjadi karena hubungan kesamaan idealisme, kesamaan cara pandang, hingga kesamaan hobi.

Menariknya, kesamaan ini bisa pula berakibat pada berubahnya pandangan tentang hubungan saudara yang timbul karena hubungan darah. Hal ini bisa berakibat pada dua hal. Pada pemikiran yang sempit, pergeseran ini akan mengkotak-kotakkan manusia dan “memutuskan” hubungan yang timbul karena darah. Di sisi lain, pergeseran ini juga bisa melebarkan jejaring persaudaraan yang timbul. Kita tidak lagi menjadi eksklusif dengan saudara sedarah kita saja, namun juga bisa membuka diri pada orang yang berada di luar “jalur darah” kita.

Berikut adalah catatan yang kami buat pada tahun 2007. Berangkat dari keingintahuan tentang arti PERSAUDARAAN, kami mencoba mengumpulkan apa sih arti PERSAUDARAAN menurut orang-orang di sekitar kami. Jawaban ini adalah pandangan murni dari orang-orang di sekitar kami. Tidak ada intervensi atau campur tangan kami. Jika terjadi kesamaan pandangan, bisa jadi memang PERSAUDARAAN timbul karena ada persamaan itu. Dan jika berbeda, maka saling menghargainya adalah jalan yang membuat kita bisa menjadi SAUDARA satu sama lain.


Berbagi, melindung/menjaga, menjaga, keikhlasan, ketulusan, mengingatkan. (SHN)

Ukhuwah & pengorbanan (EKS)

Yang terlintas adalah keluarga. Ya, saudara tak ubahnya seperti keluarga. Suatu ikatan yang tidak bisa dirubah dan takkan pernah berubah  (SN)

Peace, love n gaul. Hehe (MGR)

Persaudaraan ibarat kaki & tangan kita. (JW)

Keeping n helping each other. (RDN)

Seperti keluarga kita sendiri & saling menasihati. (HDR)

Ikut senang & gembira saudaranya bahagia & sebaliknya.ya jika melihat saudaranya susah
ikut membantu & jika sudah selesai menemani. (KRN)

Persaudaraan itu pasti ada kata “kita” bukan “aku” kata “bersama” bukan “sendiri”
persaudaraan itu, aku, kamu, dia, kita :D (NVR)

Senasib sepenanggungan. (NKK)

Persaudaraan itu=selalu melengkapi. (RZF)

Selamanya (WAK)

Seneng bareng, bahagia bareng n kalo sedih juga jangan disimpen sendiri, harus dibagi bareng-bareng  (ALI)

Jka sodara kita berbahagia, maka kita pun ikut bahagia (AGU)

Bingkai ukhuwah, solidaritas, kebersamaan (ERN)

Peduli dan siap berbagi (SHD)

Sebuah ikatan antarpersonal yang bisa menyamakan derajat, membagi suka, membagi duka (DVE)

One for all..all for one (ERW)

Bersama kita bisa. pulang kampung (D5K)

Tulus (AR10)

Kekuatan & kekompakan (HRMJ)

Kasih sayang..:-) (ASR)

Persaudaraan membuat kita ingat mereka dalam segala keadaan, senang ataupun susah.. Membuat selalu bersyukur bahwa kita tidak sendirian karena keberadaan mereka. Menjadikan berbuat tanpa keberatan dan tak butuh penjelasan kenapa mau melakukannya, karena alasannya cuma satu “karena kita bersaudara”. Membuat kita merasa aman meski tidak tau berada dimana berada, karena merekatetap bersama kita. (TRT)

Ide yang muncul ya gimana kok bisa bilang saudara?apa yang bikin beda ma temen (KK)

Saudara adalah ktika kita bisa menangis atas kesedihannya dan tersenyum atas bahagianya. (CCJM)

Senasib sepenanggungan, senasib sependeritaan, duka suka ditanggung bersama (WDR)

Saling salah-menyalahkan, maka akan mengakibatkan putus persaudaraan (YGL)

Selalu ada kapan saja, artinya g Cuma saat senang doank, tapi saat duka juga. (RHM)

Sahabat, naik gunung, berbagi banyak hal tentang kehidupan. (TTK)

Ikatan (FDH)

Persaudaraan itu seperti sebuah bangunan, satu sama lain saling mengokohkan agar bangunan tersebut tetap tegak berdiri (MLA)

Rasa saling menyayangi, mempedulikan dan menjaga, tanpa mengharapkan pamrih (TCK)

Ikhlas, sabar, nasehat, berkorban, terbuka, cinta (UDB)

Penuh kasih & sayang (RIR)

Kasih sayang (USW)

Kumpul (UUD)

You can not see it, but you can fell it (AZN)

Ikatan (D87)

Pegang teguh persaudaraan karena kalo kita butuh bantuan yang pertama dituju adalah saudara (SDU)

Kasih sayang (RPS)

Rasa saling memahami satu sama lain, senasib sepenanggungan (SMM)

Persaudaraan, saudara, hal bersaudra, adem (PP8)

Ibarat “bintang”, walo jauh & bahkan kadang tak terlihat tapi kita tau/yakin kalo bintang selalu berada di sekitar kita. (DRB)

Kalo aku, ktika muncul kata ‘persaudaraan’, aku teringat sebuah komunitas pencak silat yang bernama persaudaraan setia hati. Karena aku sempat (hampir) mengambil skripsi tentang mereka, persaudaraan yang sangat kokoh, meski dari berbagaidaerah, mereka saling membantu layaknya saudara sedarah. Selamat mengotak-atik kata (DCR)

Ikatan, iman,menara cahaya, mengingatkan, itsar, fastabiqul khoirot (CTD)

Beautiful, peaceful, & powerful (MCH)

Ikatan, darah, hati yang menjadi satu. Kalo dikiaskan seperti tali yang mengikat (DGX)

Persaudaraan, yang terlontas adalah ukhuwah, islam, cinta, damai (ISN)

Kalo denger persaudaraan sich pengen na mempererat tali silaturahmi dengna sering mengadakan kumpul2 tapi yang kumpul2 yang terorganisir n bagus kalo dikemas dengan kegiatan yang bermanfaat (MEI)

Tidak saling membedakan antara kedudukan, RAS, kekuasaan dan kekayaan (FZH)

Saling membantu (PDM)

Hubungan yang tidak akan terputus dalam kondisi dan alas an apapun (AYF)

Berkah (ASE)

Ikatan yang tidak mengenal kata akhir.. hehe (KHB)

Silaturahmi, tolong-menolong, saling menghargai (JH9)

Silaturahmi dan kebersamaan dan gerakan untuk mewujudkan kebersamaan (KKJ)

Tapi yang terlintas pertama kali ya kekeluargaan, kebersamaan dan saling terbuka (IDR)

Saling berbagi (KHJ)

Sahabat sejati (STF)

Kebersamaan (ENW)

PERSAHABATAN (ADJ)

PSHT .. ato Lord of The Ring =D (MSR)

Menerima dan menghormati perbedaan..  (A3S)

Peduli. Kalo diibarati gambar orang jabat tangan (RKN)

Indah & bersahabat (AND)

Damai & bisa diajak bareng (CMA)

Rantai yang berkait (NNR)

Saat senang & sedih “ada” (MTA)



Jadi, apa arti PERSAUDARAAN menurut anda?



*Mohon maaf sebesar-besarnya kami sampaikan, bahwa untuk rubrik #orangkeren bulan ini belum bisa kami publikasikan karena ada kendala teknis. Tulisan ini adalah sebagai pengganti rubrik #orangkeren bulan ini. Doakan kami ya agar bisa tetap menebar persaudaraan lewat tulisan.