Recent Posts

4/recentposts
Powered by Blogger.

Fixed Menu (yes/no)

Ads Top

Categories

Tags

Business

Latest in Sports

Popular Posts

Menjadi Kecil..

Tuesday, January 24, 2017



Ketika beranjak dewasa, ada kalanya kita merasa ingin kembali ke masa lalu. Masa di mana kita menjadi anak kecil. Senang saat diajak jalan-jalan oleh ayah dan ibu. Bertanya banyak hal kepada mereka sepanjang perjalanan. Menanyakan hal-hal yang mungkin sekarang terdengar bodoh atau tidak penting. Dengan penuh kebijaksanaan, mereka tidak pernah bosan menjawab pertanyaan dari kita. 
 
Benar bahwa masa paling indah adalah masa-masa di sekolah. Mendengarkan ucapan guru di kelas untuk menjadi bahan obrolan dengan ayah ibu kita di rumah. Menerima segala apa yang kita dapat tanpa membantahnya sama sekali. Bahkan kadang perkataan guru lebih kita percaya daripada ayah dan ibu. Mungkin ini adalah salah satu hasil ajaran orang tua kita untuk menghormati orang yang berilmu. 
 
Kita tidak perlu takut besok akan makan apa dan dimana. Atau besok harus bisa kejar target berapa agar atasan tidak marah-marah. Yang kita takutkan adalah jika ayah ibu melihat nilai hasil ujian kita yang jelek. Padahal sepengetahuanku, mereka hanya akan mengatakan “Ya sudah, yang penting kamu sudah berusaha. Ayah dan Ibu tahu kok kalau kamu sudah belajar.. 
 
Kemudian kita menjadi lebih percaya diri untuk melakukan banyak hal. Tanpa perlu memikirkan apa yang orang lain katakan tentang kita. Bahkan jika itu aneh di luar batas kewajaran. Karena yang benar-benar kita takutkan adalah jika hal itu melanggar janji kita dengan orang tua atau menyebabkan orang lain bersedih. Satu lagi, jika hal itu menyebabkan kita berdosa dan mendapat hukuman di neraka. Begitu kata guru agamaku. 
 
Rupanya badan kita yang membesar telah menjebak jiwa kita. Menjadikannya kecil dan tidak berani menatap wajah dunia ini. Tidak mau menerima nasehat dan masukan orang lain. Mudah marah dan tersinggung jika mendapati orang lain berkata sesuatu tentang kita. Mengurung keberanian kita untuk menjelajahi dunia baru di luar sana. Pikiran kita menjadi sempit, seolah hidup ini hanya dihabiskan untuk mencari kesenangan diri sendiri. Sehingga kita lupa untuk berusaha mencari ketenangan dalam kehidupan ini. 
 
Sesekali kita perlu menengok ke dalam diri. Jika ilmu yang kita miliki selama ini menjadikan kita sombong, maka menjadi bodohlah. Sehingga kita bersegera mencari jalan kebenaran. Tidak usah takut untuk bertanya. Buka diri dan bergegaslah untuk berjalan mengembara ke padang ilmu. Banyak hal-hal besar terhampar diluar sana untuk kita jelajahi. Kejarlah karya, jadilah penemu dalam kehidupan kita sendiri. Ciptakan hal-hal besar untuk kemanfaatan banyak orang. Dan tetaplah menjadi kecil, agar jiwa kita senantiasa merasa dibimbing olehNya.